biogas-temanggung-Anis-Efizudin-antaraKadang Temanggung – Temanggung : Kelompok Swadaya Masyarakat Tirta Guna di lingkungan Brojolan Barat Kelurahan Temanggung I Kabupaten Temanggung, yang berhasil mengelola biogas dari limbah industri tahu, menang lomba sanitasi tingkat nasional 2014.

Piagam penghargaan dan uang pembinaan atas kemenangan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi kepada KSM Tirta Guna seperti dikutip Antara, Kamis (29/1/2015).

Iarawan mengatakan sanitasi sangat penting bagi masyarakat. Melalui sanitasi yang baik, masyarakat akan sehat atau dapat meningkatkan taraf hidup.

“Kami terus melakukan peningkatan kesadaran sanitasi sehat di masyarakat,” katanya.

Pada 2014, ada delapan KSM dari 26 KSM di 23 desa/kelurahan yang tersebat di 10 kecamatan diikutkan dalam lomba sanitasi sehat tingkat kabupaten, dan satu KSM diikutkan dalam lomba sanitasi tingkat nasional.

Pada lomba tingkat kabupaten, KSM Beriman dari Coyudan Parakan Kauman Kecamatan Parakan menjadi juara I, kemudian KSM Lancar dari Manggong Ngadirejo juara II, dan KSM Al Barokah Sekrikil Parakan juara III.

Ia menuturkan tahun ini Temanggung menargetkanmendapat adipura kencana setelah beberapa tahun terakhir berhasil meraih adipura. Prestasi di bidang sanitasi ini menjadi pendorong peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Kami juga tingkatkan pengelolaan bank sampah dan perbaikan sanitasi yang masih kurang,” katanya.

Kabid Cipta Karya dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Temanggung, Dyah Sulistyowati mengatakan penilaian lomba sanitasi dilakukan pada Desember 2014 oleh Asosiasi KSM Sanitasi Seluruh Indonesia (Aksansi)

sumber : solopos