ikansegarmudal005TAMANGGUNG (KRjogja.com) – Pemasaran ikan segar di kawasan Pikatan Desa Mudal mendapat respon positif Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung. Sebab selain bisa meningkatkan konsumsi ikan juga mendukung kepariwisataan di daerah itu.

” Kami apresiasi pemasaran ikan segar di Mudal yang dalam beberawa waktu terakhir terus berkembang, itu sangat bangus untuk pertumbuhan ekonomi lokal,” kata Kepala Bidang Perikanan Disperikan Kabupaten Temanggung Muhammad Hadi, Minggu (22/3)

Dikemukakan pemasaran ikan di pinggir di sungai kecil itu bisa tumbuh menjadi pusat pemasaran ikan segar baru di daerah tersebut yang mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga, sekaligus pengembangan pariwisata. Di kawasan tersebut, terdapat objek wisata air Pikatan Water Park yang selalu dikunjungi banyak orang sehingga potensial untuk pemasaran.

Dia menyampaikan jenis ikan yang dipasarkan oleh sejumlah pedagang itu adalah ikan yang dibudidayakan masyarakat Temanggung, antara lain lele, nila, dan mas. Jenis ikan banyak dibutuhkan dan dikonsumsi oleh masyarakat Temanggung.

“Adanya pemasaran ikan segar, memicu masyarakat untuk membudidaya, sebab kendala utama biasanya pada pemasaran,” katanya.

Dikatakan, masyarakat yang menginginkan masakan ikan bisa datang di kawasan objek wisata Pikatan. Disitu terdapat berbagai warung yang menyajikan masakan ikan. Dengan begitu para pengunjung Pikatan Water Park tidak hanya menikmati wisata air, tetapi juga kuliner dengan menu berbagai masakan ikan. (Osy)